Dalam rangka memudahkan akses pelayanan di bidang ketenagakerjaan bagi masyarakat, maka Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia meluncurkan

“Sistem Informasi Ketenagakerjaan” yang bisa diakses secara luas oleh pengguna layanan tanpa harus menempuh jarak dan waktu yang lama untuk datang ke kantor Dinas Tenaga Kerja setempat.

        Untuk bisa mengakses informasi dan layanan ketenagakerjaan secara daring (online) ini pengguna cukup membuka laman Kementerian Ketenagakerjaan  https://kemnaker.go.id/ dan memilih menu layanan yang dibutuhkan.  Di sana tersedia berbagai layanan informasi maupun aplikasi ketenagakerjaan yang selama ini tersebar dengan sistem dan alamat domain yang berbeda-beda dan saat ini disatukan dan cukup diakses melalui satu alamat/kanal yang lebih dikenal sebagai SSO (single sign on).

        Di laman Kemnaker ini pengguna dapat memilih menu layanan sesuai yang dibutuhkan, antara lain : Wajib Lapor Ketenagakerjaan (WLKP), pengajuan PP dan PKB bagi perusahaan, Linkabilitas (layanan ketenagakerjaan bagi penyandang disabilitas), registrasi dan informasi untuk Lembaga Pelatihan, memilih paket pelatihan, pemagangan, layanan penggunaan tenaga kerja asing (TKA), SKKNI dan Sertifikasi, Job Fair dan layanan Karirhub.

        Khusus pelayanan yang berkaitan dengan penempatan tenaga kerja tersedia menu “Karirhub” dengan alamat https://karirhub.kemnaker.go.id/ untuk diakses oleh perusahaan (pemberi kerja) maupun masyarakat pencari kerja.  Dengan mengakses layanan ini kita dapat melihat lowongan pekerjaan yang tersedia baik di dalam maupun di luar negeri dan apabila tertarik dan ingin mendaftarkan diri dapat mengajukan lamaran secara daring melalui aplikasi ini setelah terlebih dahulu mendaftarkan diri dengan cara membuat akun dan melengkapi data yang dibutuhkan serta mengunggah pasfoto.

        Dengan membuat akun pencari kerja di laman Karirhub ini data kita akan terdaftar sebagai pencari kerja di Disnaker setempat dan apabila membutuhkan Kartu AK1 (kartu kuning) secara fisik kita tinggal datang ke Disnaker sesuai domisili yang kita isikan saat pendaftaran dengan membawa foto kopi KTP, Ijazah terakhir dan pas foto berwarna ukuran 3×4 cm masing-masing satu lembar.

        Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman atau pantau media sosial kami melalui instagram @infokerja.sleman dan Grup Facebook Info Kerja Sleman. (by sleman public employment services officer)